Teknologi pada Social Media
Teknologi pada Social Media

Social Media dan Teknologi-teknologi Pendukungnya

Posted on

Nama : Hasna Afifah

NIM : 2005551019

Prodi/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana

Mata Kuliah : Aplikasi Sosial Media (A)

Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

 

Social Media dan Teknologi-teknologi Pendukung. Social media atau software tidak akan berjalan tanpa adanya suatu teknologi. Maka dari itu peran teknologi sangat dibutuhkan untuk perkembangan social media.

Di artikel sebelumnya saya telah membahas tentang, apa itu social media . Agar kamu lebih memahami tentang social media kamu dapat membuka dan membaca halaman tersebut.

Kita awali pembahasan ini dengan mengetahui terlebih dahulu apa arti dari Teknologi.

Pengertian Teknologi

Artinya yaitu keseluruhan sarana, baik berupa alat atau barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Teknologi ini diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi suatu alat atau piranti yang berguna untuk memudahkan kegiatan manusia.

Dijaman modern seperti saat ini, teknologi merupakan suatu hal yang sangat penting. Teknologi juga berperan penting dalam perkembangan social media. Tanpa adanya teknologi mungkin semua akan terasa sulit dilakukan.

Teknologi Pada Social Media

Kaitan kedua ini sangat erat, bagaimana tidak? Hampir semua teknologi ada didalam Social Media.

Berikut adalah teknologi-teknologi yang ada pada social media, diantaranya ada hardware, software, sistem/sistem komputer, jaringan komputer, sistem operasi dan keamanan sistem.

1. Hardware

Biasanya hardware juga disebut sebagai perangkat keras.

Jadi semua perangkat keras yang ada pada suatu teknologi itu disebut hardware. Pada dasarnya hardware mendukung untuk di sisi server, client, penyimpanan, dan jaringan.

Contoh perangkat keras atau hardware adalah komputer, data center, perangkat firewall, perangkat sensor dan node sensor, printer, CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain.

2. Software

Software disebut juga perangkat lunak.

Ini dibagi menjadi 2, yaitu sistem operasi (OS) dan aplikasi. Software dan hardware memiliki kaitan yang erat. Sama halnya dengan hardware, software dapat digunakan pada sisi server, client, jaringan, tampilan visual, dan data digital, pengembangan aplikasi, dan lain-lain. Untuk pengembangan software untuk server dan database (DBMS) bisa menggunakan IDE.

Contoh sistem operasi seperti linux server, free bsd, windows, android dan lain-lain.  Contoh untuk aplikasi server adalah web server, dns server, proxy server dan lain-lain. bahasa pemrograman, algoritma, software untuk server dan database (DBMS).

3. Sistem Komputer

Sekumpulan perangkat komputer yang saling berkaitan dan berinteraksi antara satu sama lain untuk menjalankan sebuah Proses Pengolahan Data. Sitem komputer merupakan gabungan dari software dan hardware.

4. Jaringan Komputer

Jaringan telekomunikasi, memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Intinya semua perangkat yang akan terhubung dengan softwarenya juga itu disebut jaringan komputer. Jika sudah terhubung satu sama lain maka suatu jaringan akan berjalan dengan baik.

Kalau tidak ada jaringan komputer maka media sosial seperti saat ini akan sulit berkembang dan sulit digunakan. Contohnya adalah internet, cloud computing, internet of things, software define network, komputasi paralel

5. Sistem Informasi

Merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Didalamnya, software memiliki inti yang bernama kernel.

Contoh dari sistem informasi ini adalah E-Learning, E-Banking, E-Commerce, Sistem Layanan Mahasiswa, dan lain-lain

6. Keamanan Sistem

Merupakan penunjang jaringan komputer, sistem operasi, dan juga sistem komputer. Pada dasarnya keamanan dibuat dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Keamanan yang dapat membuat pengguna aplikasi lebih nyaman dalam bersosial media karena berfungsi untuk menjaga data-data yang ada pada software tersebut.

Contohnya seperti Firewalls, Antivirus, Intrusion Detection Systems, dan lain-lain.

Itulah teknologi-teknologi yang terdapat pada social media. Bisa disimpulkan bahwa semakin banyak teknologi yang terdapat pada social media maka akan semakin canggih pula aplikasinya. Karena dengan teknologi, seorang developer suatu aplikasi, dapat mengembangkan softwarenya dan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Sekian dan terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf apabila ada salah kata maupun pemahaman mengenai materi yang telah saya buat ini.

Sumber Referensi

Pemaparan Materi Pertemuan ke enam dari Dosen Pengampu I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T. via modul di sistem oase.

Capture Kehadiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *