Basic Mahasiswa TI, Program Biodata Menggunakan Bahasa C++

Posted on

Hallo semuanya, temen-temen dari jurusan IT untuk pemula. Pasti lagi butuh banget nih referensi tugas awalnya untuk membuat sebuah program sederhana. Salah satunya ya ini, Program Biodata Mahasiswa. Untuk membuat script code C++ kamu perlu menginstall aplikasi codingnya terlebih dahulu. Nah kebetulan sebelumnya saya sudah membuat tutorial menginstall aplikasi coding Dev C++. Kalau kamu belum tau caranya kamu bisa kunjungi halaman ini.

Sebenarnya aplikasi coding itu banyak, tapi yang umum di gunakan oleh para mahasiswa/i di Perguruan Tinggi rata-rata Dev C++. Maka dari itu saya buatkan tutorial Program Biodata ini yang di khususkan untuk mahasiswa/i. Program ini sudah termasuk program paling sederhana. Jadi menurut saya ini sudah cukup untuk dijadikan sebagai bahan belajar para pemula, termasuk saya. Mari kita coba!

Membuat Program Biodata C++ di Dev C++

Sebelum memulainya saya akan jelaskan mengenai tujuan dari dibuatnya program biodata ini. Nantinya program ini akan saya rancang dimana user yang menjalankan program ini bisa menginputkan data dan bisa melihat hasil outputnya bagaimana.

Berikut algoritma yang akan saya tampilkan pada program.

~Program Biodata Mahasiswa~

  1. Nama Mahasiswa
  2. NIM
  3. Program Studi
  4. Nama Kampus

1. Buka aplikasi Dev C++ yang telah terinstall.

2. Kemudian untuk menulis script code nya, kita perlu membuka lembar kerja dengan cara. Klik menu File->New->Source File, kamu juga bisa langsung klik Ctrl+N.

3. Jika sudah membuka lembar kerja, langsung saja kita ketikkan script codenya sebagai berikut.

#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;

int main (){
    string nama;
    string nim;
    string prodi;
    string kampus;
    
    cout<<"-----------------------------------------"<<endl;
    cout<<"        Masukan Data Berikut Ini         "<<endl;
    cout<<"-----------------------------------------"<<endl; 
    
    cout<<"Nama Lengkap          : ";
    getline (cin, nama); 
     
    cout<<"Nomer Induk Mahasiswa : ";
    getline (cin, nim); 
     
    cout<<"Program Studi         : ";
    getline (cin, prodi); 
     
    cout<<"Nama Kampus           : ";
    getline (cin, kampus); 
    cout<<endl;
    cout<<endl;
    
    cout<<"-----------------------------------------"<<endl;
    cout<<"          Hasil Data Mahasiswa           "<<endl; 
    cout<<"-----------------------------------------"<<endl;
    
    cout<<"Nama Lengkap          : "<<nama<<endl;
    cout<<"Nomer Induk Mahasiswa : "<<nim<<endl;
    cout<<"Program Studi         : "<<prodi<<endl;
    cout<<"Nama Kampus           : "<<kampus<<endl;

}

Sekarang kamu ketik script di atas, seperti dibawah ini.

5. Setelah kamu tulis di lembar kerja, kemudian klik File-> Save untuk menyimpan script code itu. Atau kamu bisa langsung klik Ctrl+S supaya lebih mudah.

6. Berilah nama yang sesuai pada file tersebut, kemudian klik Save.

7. Sekarang kita compile script code tadi dengan cara klik Execute-> Compile.

  • Compile(F9) artinya itu untuk mengecek apakah terdapat eror atau tidak pada script code yang telah kita buat.
  • Run(F10) artinya untuk menjalankan sebuah program, biasanya kita cek dulu scriptnya dengan compile, setelah tidak ada permasalahan baru bisa di Run/dijalankan.
  • Atau kamu butuh yang praktis? biar bisa sekaligus di periksa scriptnya kemudian kalau sudah tidak ada eror pada program. Program langsung auto run dengan sendirinya. Yakni dengan cara klik Compile & Run (11).

Jika hasilnya seperti dibawah ini, menyatakan bahwa 0 errors. Berarti script code nya sudah bisa di run atau sudah bisa dijalankan programnya.

Langsung klik F10 saja kemudian, hasilnya akan seperti dibawah ini. Kemudian inputkan data dibawah ini.

Setelah kamu menginputkan semua data-data yang diminta, maka tampilannya akan seperti dibawah ini. Untuk keluar dari program itu, kamu tinggal klik Enter saja.

PENJELASAN DARI SCRIPT CODE DIATAS

1. Disini saya menyertakan header iostream dan string, berikut penjelasannya.

#include <iostream> = untuk proses menginput atau output pada sebuah program.

#include <string> = untuk mengenali tipe data yang digunakan yaitu string. Karena algoritma yang kita buat semuanya menggunakan tipe data string. seperti nama, nomor induk, program studi dan juga nama kampus.

2. Syntax using namespace std; digunakan untuk memanggil namespace dengan nama std. sebagai standar untuk memanggil fungsi atau class dan lainnya pada program tersebut. Jadi nantinya di depan cout itu tidak perlu di tambahkan std. Karena pada syntak using namespace std; ,ini sudah di deklarasikan seperti di atas.

3. Kemudian ada int main (){ sebagai point penting dari sebuah program, karena int main yang akan pertama kali akanĀ  dieksekusi oleh program saat running.

4. Variabel adalah suatu lokasi penyimpanan, seperti nama,nim,jurusan,dan nama kampus. Itu semua termasuk variabel. Semakin banyak variabel, semakin banyak memori yang terpakai.

5. Tipe Data string adalah salah satu contoh tipe data diantara banyaknya tipe data yang lainnya seperti char, integer, bolean dll. Tipe data digunakan sesuai dengan variabel, jika kamu ingin membuat variabel nama gunakan tipe data string, tapi jika ingin membuat variabel angka, gunakan tipe data integer.

6. Sebenarnya fungsi cin dan getline sama-sama perintah memasukkan nilai. Tetapi ada letak perbedaannya juga. Kalau cin hanya bisa menampung 1 buah kata saja dan menganggap karkter spasi sebagai akhir dari sebuah program. Tetapi kalau getline mampu menampung 1 atau lebih kata. Jadi lebih fleksibel menggunakan getline.

Sekian penjelasan saya mengenai, program biodata sederhana menggunakan bahasa C++ semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga : 5 aplikasi desain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *