cyberspace

Keterkaitan Antara Cyberspace dan Social Media

Posted on

Nama : Hasna Afifah

NIM : 2005551019

Prodi/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana

Mata Kuliah : Aplikasi Sosial Media (A)

Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Awal mula Jaringan Komputer

Pada dasarnya ketika jaringan komputer mulai diciptakan yaitu pada tahun 1960-an, saat itu jaringan terhubung antar komputer. Tapi semakin lama semakin meluas, jaringan tidak hanya terhubung antar komputer, namun juga dengan non komputer yaitu seperti printer, CCTV, sensor, smarthphone, scanner, dan lain-lain.

Kemudian jaringan komputer berkembang menjadi internet. Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an dan tahun 2000-an yaitu era dot com. Dari internet inilah muncul adanya dunia maya atau yang biasa dikenal dengan sosial media perlahan-lahan mulai terbentuk adanya perkumpulan orang dalam dunia maya.

Di dunia maya ini muncul yang namanya Cyberspace, yang kemudian berelasi dengan Social Media.

Apa itu Cyberspace ?

Apakah kalian tau, apa itu Cyberspace?

Cyberspace atau Dunia Maya adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung).

Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, pengontrol) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.

Cyberspace juga bisa diartikan sebagai suatu Imaginary Location (tempat aktivitas elektronik dilakukan) dan juga menjadi sebuah massy virtual yang terbentuk melalui komunikasi yang terjalin dalam sebuah jaringan komputar (Interconnected Computer Networks).

Apa yang dimaksud dengan massy virtual ? Massy virtual atau yang biasa disebut sebagai lokasi virtual. Bisa diartikan juga tempat orang berkumpul di internet.

Cyberspace ada 2 bagian

Cyberspace itu dibagi menjadi 2 bagian yaitu informasi dan komunikasi , diantaranya ada :

1. Cognitive Information Cyberspace (CIC)
Didalam CIC terdapat Information Cyberspace (IC). Information Cyberspace (IC) berguna untuk menyampaikan dan menyediakan segala bentuk informasi di dunia maya.

Contohnya seperti, website, sistem informasi, social media dengan informasi di dalamnya, messenger dengan informasi. Dimana pada aplikasi-aplikasi tersebut segala bentuk informasi yang kita butuhkan di dunia maya terdapat pada aplikasi tersebut.

2. Cognitive Communication Cyberspace (CCC)

Didalamnya terdapat Comuication Cyberspace yang digunakan untuk melakukan komunikasi dalam dunia maya. Didalam suatu aplikasi mobile penggunanya dapat terhubung satu sama lain.

Contoh aplikasinya seperti social media dengan fitur messenger(chat), line, telegram, bbm, whatsapp, Website dengan fitur chat menggunakan tawk.to , instagram dengan fitur Direct Messege, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Cyberspace dan Sosial Media

Berbicara mengenai Cyberspace dan Social Media apa yang membedakan dari kedua hal tersebut?

Pembedanya yaitu tentang bagaimana manusia dan komputer bisa melihat dan menilai sebuah file.
Kalau kita sebagai manusia menilai atau melihat yang kita ketahui mungkin dapat berupa file media seperti audio, video, file game, file master, dokumen, teks script code, dan lain-lain. Termasuk juga kita dapat melihat size file, warna file, jenis file dan isi file. Kalau dilihat dari pandangan komputer terhadap sebuah file, ia melihatnya dalam bentuk angka binnary yang berupa angka 0 dan 1.

Lalu bagaimana caranya komputer dapat mengetahui mana file audio , mana file video dan lain-lainnya? Dalam bahasa komputer, pada dasarnya ia mampunyai ragam bahasa, salah satu contohnya ada binnary.
Agar komputer dapat membedakannya, dari bentuk binnary itu ada yang namanya bilangan hexadesimal, oktal, biner dan lain-lain. Bilangan-bilangan itu yang menjadikan komputer memahami jenis file apa yang ia lihat.

Hubungan Cyberspace dan Social Media

Cyberspace atau yang dimaksud dengan Dunia maya semakin lama semakin berkembang. Dan memiliki hubungan yang sangat erat dengan social media. Karena Cyberspace itu letaknya ada di social media. Penggunaan Cyberspace dan social media pun bisa mengarah ke bidang ekonomi, budaya, pendidikan, politik.

Contohnya :
1. Bidang Ekonomi : Kamu pasti pernah belanja di sosial media seperti di shopee, nah shopee itu termasuk Social Media dan Cyberspace merupakan tempatnya (dunia maya). Dari sana kita bisa belanja online, antara penjual dan pembeli pun bisa berkomunikasi.

2. Bidang Pendidikan : Media pembelajaran seperti ruang guru merupakan salah satu platform social media yang berhubungan erat dengan yang namanya cyberspace karena disana dunia maya, tempat kita untuk mendapatkan pembelajaran. Interaksi-interaksinya berupa vidio pembelajaran, menjawab soal, diskusi dll.

 

Sekian materi yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan kata. Semoga materi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Referensi

Pemaparan Materi Pertemuan Keempat dari Dosen Pengampu I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T. via chat Telegram Grup

Capture Kehadiran

Baca materi sebelumnya : Social Media dengan Komunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *